DATA DIGITAL GLOBAL 2021
Data Digital GlobalStatistik Data Digital Global 2021
Terlepas dari peningkatan pesat dalam adopsi dan penggunaan digital yang telah terlihat sejak awal pandemi COVID-19 lebih dari setahun yang lalu, pembaruan terbaru dalam seri Laporan Digital Global mengungkapkan bahwa tingkat pertumbuhan digital tetap tinggi saat memasuki era paruh kedua tahun 2021.Laporan Statistik Global Juli 2021 Digital menunjukkan bahwa media sosial terus mendorong aktivitas terhubung di seluruh dunia, dengan jumlah pengguna media sosial global dengan cepat mendekati tonggak sejarah lain yang mengesankan.

Judul penting
Mari kita mulai dengan tokoh kunci untuk adopsi digital di seluruh dunia pada Juli 2021:- Pengguna seluler global telah mencapai 5,27 miliar, setara dengan hanya di bawah 67 persen dari total populasi dunia.
- Jumlah pengguna seluler telah tumbuh sebesar 2,3 persen selama setahun terakhir, meningkat 117 juta dalam 12 bulan – hampir 10 juta pengguna baru per bulan.
- Pengguna internet telah meningkat lebih dari seperempat miliar sejak tahun lalu, mencatat pertumbuhan tahun-ke-tahun mendekati 6 persen.
- Ada 4,80 miliar pengguna internet di seluruh dunia saat ini, setara dengan hampir 61 persen dari total populasi dunia.
- Jumlah pengguna media sosial telah melonjak lebih dari 13 persen sejak tahun lalu, dengan data terbaru menunjukkan peningkatan lebih dari setengah miliar pengguna hanya dalam 12 bulan.
- Saat ini ada 4,48 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia, yang setara dengan hampir 57 persen dari total populasi dunia.
Pertumbuhan media sosial terus berlanjut
Meskipun pembatasan COVID-19 berkurang di beberapa bagian dunia selama beberapa bulan terakhir, laju pertumbuhan pengguna media sosial menunjukkan sedikit tanda perlambatan.Total pengguna unik global tumbuh sebesar 520 juta selama setahun terakhir, mewakili pertumbuhan tahunan lebih dari 13 persen.
Untuk konteksnya, itu berarti lebih dari 1 dari 9 pengguna media sosial saat ini mulai menggunakan platform sosial untuk pertama kalinya dalam 12 bulan terakhir.
Selain itu, total pengguna saat ini 147 juta lebih tinggi dibandingkan 3 bulan yang lalu, setara dengan pertumbuhan kuartal-ke-kuartal hampir 3½ persen.
Pada tingkat platform individu, Facebook mendorong semakin dekat ke tonggak pengguna aktif bulanan 3 miliar, dengan tren saat ini menunjukkan bahwa itu dapat mencapai tingkat ini pada awal tahun depan.
Namun, laporan investor perusahaan menunjukkan bahwa sekitar 3½ miliar orang telah menggunakan setidaknya salah satu 'keluarga' platform Facebook – Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Messenger.
Tidak ada pembaruan nomor pengguna dari YouTube, WhatsApp, atau Messenger pada kuartal ini, tetapi data terbaru dari Instagram menunjukkan bahwa platform tersebut telah menikmati pertumbuhan yang signifikan selama beberapa bulan terakhir.
Pelaporan pertumbuhan pengguna internet terus tertinggal
Meskipun data terbaru menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet telah meningkat lebih dari seperempat miliar selama setahun terakhir, jelas bahwa data pengguna internet terus dipengaruhi oleh keterbatasan penelitian yang disebabkan oleh pandemi virus corona yang sedang berlangsung.Secara khusus, banyak negara di negara berkembang yang belum memublikasikan pembaruan jumlah pengguna internet sejak merebaknya COVID-19 lebih dari setahun yang lalu.
Akibatnya, terus mengantisipasi koreksi kenaikan yang berarti dalam jumlah pengguna internet setelah penelitian dan pelaporan dapat kembali normal.
Waktu internet berkurang
Jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan orang menggunakan internet setiap hari sedikit menurun dalam 3 bulan terakhir, dibandingkan dengan nilai yang kami laporkan dalam Laporan Statistik Global April 2021 Digital kami .Data dari GWI menunjukkan bahwa rata-rata penggunaan internet harian turun hampir satu menit per hari, dengan orang-orang menghabiskan sekitar 30 detik lebih sedikit online di komputer, dan 30 detik lebih sedikit online di perangkat seluler.
Orang-orang masih menghabiskan hampir 7 jam per hari menggunakan internet – lebih dari dua kali lipat jumlah waktu yang mereka habiskan untuk menonton televisi.
Namun, perlu dicatat bahwa orang telah menghabiskan lebih banyak waktu menonton televisi dalam beberapa bulan terakhir.
Pengguna internet 'biasa' di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka menonton TV tambahan rata-rata 3 menit per hari dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, yang setara dengan lebih dari 5 jam tambahan konten televisi selama tiga bulan terakhir.
Sementara itu, terlepas dari penurunan waktu internet secara keseluruhan, orang-orang mengatakan bahwa mereka menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan media sosial.
Survei terbaru GWI menemukan bahwa orang menghabiskan sekitar 2 menit lebih lama di platform sosial setiap hari selama 3 bulan terakhir, dibandingkan dengan nilai kuartal sebelumnya.
Menariknya, GWI juga menemukan bahwa orang telah menghabiskan lebih banyak waktu dengan media 'konvensional' dalam beberapa bulan terakhir.
Nilai yang dilaporkan sendiri oleh responden survei untuk waktu yang dihabiskan membaca koran dan majalah fisik meningkat sebesar 8½ persen selama tiga bulan terakhir, setara dengan tambahan 4 menit per hari, lebih cepat daripada peningkatan yang dilihat untuk konsumsi pers online.
Demikian pula, jumlah waktu yang dihabiskan orang untuk mendengarkan siaran radio telah meningkat 3½ persen selama 90 hari terakhir, sama dengan peningkatan 2 menit per hari.
Peningkatan hanya beberapa menit per hari mungkin kedengarannya tidak banyak, tetapi jika ditambahkan, peningkatan ini berarti bahwa pengguna internet global pada umumnya menghabiskan 6 jam tambahan untuk menggunakan media cetak selama kuartal terakhir, dan tambahan 3 jam untuk mendengarkan siaran radio.
Media sosial mendominasi aktivitas online dunia
Data baru dari GWI mengungkapkan bahwa lebih dari 95 persen pengguna internet usia kerja dunia kini menggunakan jejaring sosial dan layanan pesan setiap bulannya.Menariknya, data ini menunjukkan bahwa penggunaan platform jejaring sosial seperti Facebook mengungguli penggunaan layanan perpesanan seperti WhatsApp, meskipun hanya dengan selisih kecil.
Lebih dari 5 dari 6 pengguna internet antara usia 16 dan 64 juga mengunjungi mesin pencari dan portal web setiap bulan, tetapi angka ini lebih dari 10 poin persentase lebih rendah daripada angka untuk jejaring sosial.
Sementara itu, sekitar 6 dari 10 pengguna internet mengatakan bahwa mereka telah mengunjungi beberapa jenis platform belanja online dalam sebulan terakhir, dan lebih dari 50 persen pengguna internet mengatakan bahwa mereka berbelanja atau menelusuri produk secara online setiap minggu.
Kamu akan menemukan laporan Statistik Digital Global Juli 2021 lengkap di dalam SlideShare yang disematkan di bawah ini
Sumber: datareportal.com